WALI KOTA BANDUNG MENINJAU PASAR SARIJADI

Tuesday, 14 Feb 2017
Oleh: Roni
Dibaca 210 kali
 | Sumber: Bag. Humas dan Protokol
Pasar Sarijadi akan dibuat menjadi pasar yang modern dan keren yang kita desain seperti musium. Pasar yang indentik dengan kotor dan becek akan dibuat menjadi sebuah tempat yang nyaman dan terdapat jiwa seninya. Sehingga pengunjung dan pedagang sama-sama merasa betah saat bertransaksi di pasar Sarijadi ini.

Ucapan  Wali Kota M.Ridwan Kamil ini dilontarkan saat meninjau pasar Sarijadi di Jalan Sariasih, Kota Bandung, Senin (13/02/2017).

Pasar Sarijadi sendiri proses pembangunannya dimulai pada Januari 2015 dilakukan peletakan batu pertama dan pada Februari 2016 pembangunan sudah 100% dan siap ditempati oleh pedagang. Pasar Sarijadi akan diantaranya 60% pedagang tradisonal seperti sayur-sayuran  dan akan disediakan tempat untuk Food court supaya pengunjung bisa menikmati makanan ditempat.

"Pembangunan sudah selesai 100%, tinggal ditempati oleh para pedagang. Pasar yang identik dengan kotor dan becek akan terbantahkan dengan hadirnya pasar Sarijadi ini. Karena itu, kita akan desain pasar ini seperti musium yang enak dan bersih sehingga pedagang dan pembeli akan sama-sama nyaman saat bertransaksi," ucapnya.

Ridwan Kamil mengatakan, tembok atau dinding yang berada di pasar Sarijadi akan dibuat artistik untuk memanjakan mata pengunjung. Diantaranya akan dipasang tanaman menjalar sepanjak tembok dan seni lukis mural yang digambar oleh seniman Kota Bandung. Ditambah akan dibuat pameran foto pedagang, dimana semua pedagang difotto lalu ditempel dibelakang lapak dagangnya.

"Jangan ada dinding yang kosong nanti tembok atau benteng  ini coba pasang tanaman menjular atau pot gantung sehingga segar dilihat. Selain itu semua pedagang difoto lalu fotonya ditempel dibelakang lapaknya, nanti kasih juga gambar mural yang digambar oleh seniman Kota Bandung. 

Pasar yang terdiri dari 4 lantai tersebut, akan dimaksimalkan lahannya. Sehingga tidak ada lahan yang kosong. Ridwan Kamil menyarankan kepada PD Pasar untuk menyediakan meja dan bangku untuk para pengunjung beristirahat. "Pemanfaatan lahan harus di maksimalkan. Jika ada lahan kosong dibuat meja-meja dan kursi dengan tema industrial dengan dibuat pakai besi-besi untuk duduk bagi para pengunjung," tuturnya.

Selain tempat untuk berdagang, pasar Sarijadi ini menyediakan 12 kamar untuk dijadikan kantor atau penginapan sewa kerja bagi siapapun yang ingin menginap ditempat ini. Funitur untuk berdagang sendiri disediakan oleh pihak PD pasar dan diperkirakan 2 sampai 3 bulan kedepan akan resmi dibuka.

"12 kamar yang tersedia dilantai 2 bisa dimanfaatkan untuk kantor atau disewakan kepada siapapun yang ingin menginap disini. Untuk funitur akan disediakan pihak PD pasar. Insyalloh 2 sampai 3 bulan kedepan akan saya resmikan kepada publik," imbuhnya.
Ridwan Kamil berharap, pasar Sarijadi akan menjadi pasar kreatif pertama di Indonesia. Dan Wali Kota yang akrab dipanggil Emil ini menegaskan kepada pengelola untuk mendahulukan warga sekitar untuk mendapatkan hak berjualan di pasar Sarijadi .

"Kita harapkan akan menjadi pasar kreatif, akan kita pikirkan jenis-jenis barangnya. Saya ingin warga lokal yang didahulukan untuk mendapatkan lapaknya lalu PKL yang ada dekat sini ditarik kedalem dan jangan ada oknum yang memasukan pedagang sembarangan," pungkasnya.