KOTA BANDUNG MELAKSANAKAN PENCANANGAN BBGRM TERCEPAT SE JAWA BARAT

Thursday, 18 May 2017
Oleh: miftah
Dibaca 546 kali
 | Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika

Pelaksanaan BBGRM tingkat Kota Bandung merupakan pelaksanaan paling cepat diantara Kita/Kabupaten lain se Jawa Barat. Meningangat pencanangan BBGRM tingkat provinsi Jawa Barat baru dilakukan hari Selasa tanggal 16 Mei kemarin.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Sopandi pada acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 tingkat Kota Bandung tahun 2017 di rooftop Pasar Ciroyom, Kota Bandung, Kamis (18/05/2017).

Lanjutnya, Masyarakat menginginkan kegiatan BBGRM ini dipusatkan di beberapa titik dalam rangka mendukung penilaian Adipura.

"Oleh karena itu sebagai pemerintah terus mendukung kegiatan kegiatan yang di rekomendasikan oleh seluruh masyarakat,"tuturnya.

Adapun maksud kegiatan tersebut untuk meningkatkan pembangunan dan memperkuat persatuan dan kesatuan serta swadaya gotong royong masyarakat di tataran kewilayah. Tujuannya pun meningkatkan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong dalam pembangunan.

Ditambahkan Dedi, untuk sasaran kegiatan tersebut meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan dalam mendukung program Adipura dan mendukung kota Bandung untuk mendapatkan Anugerah Adipura kembali pada tahun 2017.

"Mudah mudahan dengan maksud, tujuan dan sasaran yang dicanangkan ini bisa meningkatkan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, sehingga menghasilkan Pembangunan kota yang lebih baik,"ujarnya.

Lanjut Dedi menyampaikan, Pencanangan BBGRM ini dirangkaikan dengan acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 tingkat Kota Bandung tahun 2017.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sekitar 3250 orang, dimana melibatkan seluruh elemen masyarakat dan menggunakan jajaran pimpinan daerah SKPD.

Lanjut disampaikan Dedi,  dalam memperingati BBRGM setiap kecamatan melaksanakan kegiatan selama satu bulan kedepan, diantaranya kegiatan gotong royong bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan agama serta lingkungan. Adapun HKG PKK dengan mengimplementasikan 10 program PKK melalui kelompok kerja yang ada di dalam PKK.

"Hal tersebut sebagai langkah nyata Pemerintah Kota Bandung dalam mewujudkan kota Bandung bersih 2018,"ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, dalam peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat merupakan hal yang harus terus diperjuangkan, karena keberhasilannya menjadi indikator tercapainya pembagunan Nasional.

"Insyaallah jika kita terus meningkat kualitas kesejahteraan maka Pembangunan kota Bandung akan berkembang lebih baik,"ujar nya.

Lanjut, dirinya merasa bangga karena kota Bandung menjadi kota pertama yang mencanangkan kegiatan BBGRM.

"Mudah mudahan Pencanangan ini menjadi pendorong agar Pembangunan kota semakin baik,"tuturnya.

Ditambahkan Oded, program cukup ini penting karena sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera.

Selain itu, dalam memperingati HKG PKK sebagai pemerintah terus mendorong kader kader posyandu khususnya untuk lebih berperan dalam memberikan pelayanan.

Dirinya berharap semoga rangkaian kegiatan ini menjadi bagian dari perjuangan meningkatkan derajat kesehatan sekaligus langkah awal mengembangkan jiwa berbakti dan mengabdi kepada sesama.

"Melalui karya nyata seperti ini kita harus tetap menata kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik,"pungkasnya.