KOMPETISI IDE IURAN.ID ADA LAGI

Thursday, 15 Jun 2017
Oleh: miftah
Dibaca 236 kali
 | Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika

Pemerintah Kota Bandung bersama iuran.id (Inovasi Urang Bandung) kembali akan menggelar kompetisi ide membangun kota. Kompetisi yang dilaksanakan berbasis website di situs iuran.id ini akan mengangkat 3 isu, yakni Transportasi (Transportation), Wirausaha (Enterpreneurship), dan Pengurangan Angka Kemiskinan (Poverty Reduction).

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menuturkan, kegiatan ini harus menjadi pemicu kreativitas warga Bandung untuk berkontribusi dalam proses pembangunan kota. Untuk itu, ia ingin konsep acara dirancang seinovatif mungkin.

“Yang akan hadir dan ikut dalam kompetisi ini adalah orang-orang Bandung yang kreatif, inovatif, dan visioner. Jadi, acara ini kurang lebih harus mencerminkan hal serupa,” ujar Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Rabu (14/6/2017).

Konsep kegiatan tahun ini memang dirancang lebih gebyar dari pada tahun lalu. Iuran.id mengemasnya dalam bentuk serangkaian festival yang bertajuk That’s.ID: Bandung Festival of Ideas, Actions and Happiness. Acara ini direncanakan akan digelar pada tanggal 25-26 Agustus 2017 mendatang.

Festival tersebut terdiri dari workshop, pameran, seminar, dan konferensi yang menghadirkan para tokoh inspiratif. Acara akan diikuti oleh peserta kompetisi yang telah memasukkan gagasannya ke dalam situs iuran.id.

Kompetisi ide ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yakni penjaringan ide melalui kompetisi daring (online), penyeleksian oleh akademisi dan unsur pemerintah, pembuatan purwarupa (prototype), inkubasi, serta implementasi dan tindak lanjut. Pemenangnya akan berkesempatan untuk diwujudkan gagasannya oleh Pemerintah Kota Bandung.

Tahun lalu, iuran.id berhasil menghimpun 1.681 gagasan dari 5214 anggota aktif. Pemenang kompetisi tersebut adalah Deni Ferdian, seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang menginisiasi Ambulans Motor.

Saat ini, gagasannya itu tengah direalisasikan oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai solusi di bidang kesehatan masyarakat. Ambulans motor gagasannya akan membantu warga kurang mampu yang tinggal di daerah-daerah yang sulit dimasuki oleh mobil ambulans.