ATALIA RIDWAN KAMIL MENERIMA TANDA PENGHARGAAN MANGGALA KARYA KENCANA

Sunday, 16 Jul 2017
Oleh: miftah
Dibaca 285 kali
 | Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bandung Ibu Atalia Ridwan Kamil menerima tanda penghargaan Manggala Karya Kencana saat mengikuti rangkaian Acara Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV tahun 2017, di Rumah Jabatan Gubernur Lampung  Jl. Dr. Susilo No. 11-12 Bandar Lampung, Jumat (14/07/2017).

Tanda Kehormatan dan Penghargaan Bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) Tahun 2017 tersebut disematkan langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo serta disaksikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty.

Berdasarkan Surat Keputusan kepala Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nomor 77/KEP/G2/2017 tanggal 20 Juni 2017,  Atalia menerima penghargaan tersebut bersama para penerima penghargaan lainnya diantaranya Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Walikota Bekasi Rachmat Effendi dan Walikota Cirebon Nasrudin Azis.

Saat menerima penghargaan tersebut Atalia didampingi Wakil Ketua I TPPKK Kota Bandung, Siti Muntamah serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung, Eddy Marwoto.

Dikatakan Atalia usai menerima penghargaan tersebut, "Saya bahagia atas pencapaian Kota Bandung, saya mewakili teman-teman dari gerakan PKK juga semangat dari DPPKB Kota Bandung alhamdulillah hari ini menerima penghargaan Manggala Karya Kencana."

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan yang tertinggi dari pemerintah pusat melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BKKBN) kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Senada juga diungkapkan Eddy Marwoto, "Malam ini kita sangat bersyukur bahwa ibu Atalia Ridwan Kamil menerima penghargaan, ini karena beliau sangat perduli masalah-masalah kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kota Bandung."

Lebih lanjut dikatakan Eddy, peran dibawah kepemimpinan ibu Atalia peran PKK Kota Bandung sangat aktif mendukung program KB yang memang sejak dulu telah ada, namun keperdulian Atalia sangat tinggi bagaimana mengedukasi para peserta calon KB baru melakukan gerakan-gerakan penyuluhan.

"Ini terbukti bagaimana eksistensi beliau dalam setiap kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan DPPKB selalu perduli terhadap bagaimana pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan selalu berusaha melakukan inovasi dalam pelayanan KB."

DPPKB Kota Bandung telah berhasil memberikan pelayanan KB baru aktif melebihi target yang diberikan, yaitu telah tercapainya perserta KB baru sampai bulan juni 2017 sebanyak 20.200 dari 364.069 Pasangan Usia Subur (PUS), total akseptor baru sebanyak 11.163 dan jumlah peserta KB aktif sebanyak 267.107 dengan didukung faskes KB yang memberikan pelayanan KB di pemerintahan sebanyak 7.691 serta swasta 3.472.

Usia remaja menempati proporsi terbanyak dari populasi Kota Bandung, yakni 60% oleh karena itu, penting bagi pemerintah kota untuk mengedukasi remaja guna mempersiapkan generasi mendatang.

Di bidang pembangunan keluarga, DPPKB melakukan berbagai inovasi salah satunya bagaimana menanamkan sejak dini kepada remaja remaja Kota Bandung agar mempunyai pengetahuan bagaimana berkeluarga nantinya, bahwa dengan dua anak cukup mampu  membentuk keluarga kecil, bahagia, sejahtera dan berkualitas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pembentukan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) dan Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMa) di berbagai wilayah. PIKR bekerja sama dengan kewilayahan dan dijalankan terutama melalui Posyandu. Sementara itu, PIKMa menyasar mahasiswa dengan menempatkan kader di kampus-kampus.

Prestasi lainnya di bidang ketahanan dan kesejahtetaan keluarga, DPPKB Kota Bandung telah menerapkan pembinaan keluarga tri bina yaitu bina balita, bina remaja dam bina lansia dalam hal ini keluarga yg mempunyai balita, lansia dan keluarga sudah terbentuk di tiap kecamatan sebanyak 30 kecamatan pembinaan dilaksanakan oleh kader tri bina dg suport utama adalah TPPKK disemua jenjang dan dinas dinas terkait.

Sejak tiga tahun terakhir Kota Bandung meraih berbagai prestasi diantaranya penganugerahan Manggala Karya Kencana kepada Wali Kota Bandung tahun 2016, Tingkat Nasional tahun 2014 meraih MDGs Award, Juara 1 lomba RAP KB, prestasi FOKAB Duta anak dan penghargaan APE tingkat Madya tahun 2013 dan 2014, serta juara berbagai lomba di Tingkat Provinsi Jawa Barat termasuk Program GenRe (generasi remaja) dengan prestasi juara 1 tk. Kota Bandung dan juara 1 tingkat provinsi dan sampai tingkat nasional, Juara 1 Lomba Pos KB Tk  Nasional, DPPKB dibawah kepemimpinan Eddy Marwoto banyak gebrakan inovasi serta Prestasi yg diraih.