DISBUDPAR GELAR RANGKAIAN EVEN HUT RI DAN PERKENALKAN BUDAYA PADA SEKOLAH MELALUI WAYANG GOLEK

Thursday, 10 Aug 2017
Oleh: miftah
Dibaca 844 kali
 | Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika

Semakin dekatnya hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-72 pada tanggal 17 Agustus nanti  merupakan salah satu momen yang penting bagi Pemerintah Kota Bandung dikarenakan berdekatan pula dengan Hari Jadi Kota Bandung  ke-207 yang akan di peringati pada tanggal 25 September 2017.

Berkenaan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari memaparkan, pada Bandung Menjawab Kamis, (10/08) di Media Lounge Balai Kota Bandung, sepanjang rentang Bulan Agustus Hingga November di Tahun 2017 Kota Bandung akan menggelar berbagai macam Event yang secara berantai akan berlangsung hingga akhir tahun 2017.

"Dimulai dari tanggal 20 Agustus ini akan ada Event Sport Tourism Five-K  run mengelilingi beberapa titik pusat kota yang menjadi landmark di Kota Bandung, yaitu, Start dari Gedung  Merdeka lanjut ke Gedung Indonesia Menggugat  lalu ke Jalan Riau BIP,  serta Cathedral dan balik ke  Start di Gedung Merdeka, " ujarnya.

Wanita yang akrab di panggil Kenny ini menambahkan bahwa Event Five - K run ini sudah dibuka pendaftarannya dan nantinya event ini akan berlanjut pula dengan beberapa Event lain yang digelar di Sekitaran Braga dan Asia Afrika.

"Tujuannya memang untuk promosi Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung dan sudah  ada 2.000 orang terdaftar, untuk acara Run ini kita gelar dari jam 7 sampai jam 10 pagi dan nanti jam 10 sampai jam 15 disambung event gelar seni di Braga pendek," tambah Kenny.

Sementara itu dihari yang sama Kenny juga mengatakan, pagi harinya di Plaza Balai Kota juga digelar teatrikal dari Legiun Veteran RI mengetengahkan Reka ulang atau Reenactment Kejadian Pertempuran para Pejuang dalam melawan Penjajah Belanda.

"Pagi itu juga ada perayaan Legiun  Veteran RI teatrikal reenacment perang kemerdekaan dan nanti malam ada  culinary night  di braga panjang sekalian Inisialisasi lagi  agar jadi tradisi siapapun Walikota nya nanti," Jelasnya.

Lebih lanjut Kenny mengatakan juga pada hari yang sama akan ada  peresmian kawasan destinasi baru di cibadak dan kelenteng di wilayah Kecamatan astana anyar dan andir.

" Harapannya nanti dua lokasi ini akan jadi kawasan wisata baru yang dikenal bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara," terang Kenny.

 

Menyambung paparannya Kenny menerangkan pada tanggal 26 Agustus 2017 Kota Bandung juga berencana akan mengadakan Karnaval Kemerdekaan yang berkolaborasi dengan kementrian Pariwisata dan badan ekonomk kreatif.

" Helaran teatrikal pada karnaval ini  masih dibahas dengan kemenrtan dan bekraf dan ada rencana juga RI 1 (Presiden RI) akan ke Bandung," tegas Kenny.

Untuk helaran akbar Seni Budaya Kenny menginformasikan pada tanggal 29 Agustus 2017 Akan diadakan Tahun Baru Sunda atau  Tabaru Sunda di sekitar asia afrika dan helaran ini akan diisi oleh ritual dan kesenian buhun sunda serta lomba film Dokumenter.

"Kita kenalkan lagi pada warga agar mengenal leluhur dan ssmoga ada banyak partisipasi pihak ke 3  karena non APBD, sementara untuk tanggal 31 Agustus akan ada award untuk film  dokumenter di Hotel Homann,"  terang Kenny.

Untuk Peringatan Tutup Tahun Kenny menambahkan akan ada lagi Bandung Great Sale berkolaborasi dengan semua  stake holder pada 9 September sampai 8 Oktober 2017.

"Akan  ada 10 mall besar ikut memeriahkan dan beberapa  mart di beberapa wilayah serta juga kita ajak pihak airlines dan PT  KAI untuk memberikan discount bagi Wisatawan yanv bepergian dari dan ke Bandung," ujarnya.

Rangkaian tersebut ujar Kenny akan disambung pada tanggal 25 September Sampai  25 Oktober 2017 dengan judul Bandung #1 (Bandung nomor 1)  yang akan dimeriahkan 181 seniman di Seluruh Kota Bandung dan disambung pada Tanggal 29 Oktober oleh Bandung Light Festival.

"Akan digelar pertunjukkan dari  seni rupa, musik, tari dan sastra dengan harapan wisatawan luar kota dan manca negara akan bisa menyaksikan sekaligus menutup HUT Kota Bandung," tegas Kenny.

Diluar hal  itu Kenny juga mengatakan akan merencanakan Forum Bandung  MICE (meeting incentive conference dan exhibition) sebagai suatu sosialisasi dalam rangka menarik devisa dan wisatawan melalui event Eksibisi di Kota Bandung.

"Dengan di adakannya forum ini kita berharap B2B (Buyer to Buyer) serta  buyer dan seller akan rutin mengadajan even di  bandung yang sudah punya segala fasilitas untuk mice," tegasnya.

Lain halnya pada sektor pendidikan Kebudayaan, Kenny memaparkan Disbudpar Kota Bandung memiliki program baru bagi Siswa siswi SD dan SMP melalui  wayang golek sebagai media pengajaran dan informasi.

"Jadi nanti 2 minggu sekali akan kita akan gelar pertunjukkan  wayang golek di SD dan SMP kolaborasi dengan disdik dengan tujuan mengenalkan, melestarikan wayang golek sejak pendidikan dini dan kita akan Launching di Pendopo tanggal 19 Agustus ini," pungkasnya.