DI KOTA BANDUNG KEGIATAN SENI BUDAYA SUNDA BISA BERKOLABORASI DENGAN KEGIATAN PEREKONOMIAN

Monday, 13 Nov 2017
Oleh: miftah
Dibaca 44 kali
 | Sumber: Bagian Humas Setda Kota Bandung

Wakil Wali Kota Bandung optimis bahwa budaya sunda terus memperlihatkan eksistensi. Karena dari masa ke masa, kaum muda mendalami seni sunda sebagai budaya yang harus dilestarikan. Oleh karena itu, salah satunya dengan tarian jaipong maupun wayang golek, seni budaya sunda terus melekat di masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada acara Bazaar dan Pentas Seni Budaya Karang Taruna Bhakti Mawar Kelurahan Warung Muncang di Jl Cibuntu Tengah Kecamatan Bandung Kulon, Minggu (12/11/2017).

Lanjutnya, seni budaya sampai saat ini terus berkembang, bisa dirasakan khususnya oleh masyarakat kota Bandung, setiap wilayah memberikan pertunjukan gelar seni budaya Sunda dan dimeriahkan dengan bazar ekonomi maupun kreativitas.

"Hal tersebut memperlihatkan bahwa kota Bandung memberikan respon positif dengan adanya budaya sunda dan kegiatan perekonomian, khusunya bisnis usaha kecil setiap wilayah," ujar Oded.

Menurutnya, kegiatan seperti itu perlu ditingkatkan dan dilakukan tidak hanya satu tahun sekali, lebih baiknya dilakukan setahun tiga kali, kalo bisa lebih dari itu.

"Dengan seringnya diadakan acara seperti ini, maka budaya kita terus dilestarikan dan tingkat ekonomi setiap kewilayah di kota Bandung pun meningkat"jelas Oded.

Dirinya berharap dengan kehadiran pagelaran kesenian, bisa diterima setiap masyarakat. Lebih baiknya lagi generasi muda bisa memahami budaya Sunda.

"Insya Allah dengan kita paham seni budaya Sunda, maka budaya pun akan terus melekat dan lestari sampai seterusnya,"tutur Oded.

Sementara itu menurut Camat Bandung Kulon Dadan H. Guratman menyampaikan, kegiatan bazar dan kesenian sunda dilakukan setahun sekali dan bertepatan memperingati hari pahlawan.

"Oleh karena itu, dari unsur kewilayahan khususnya karang taruna memberikan persembahan yang cukup baik yaitu pagelaran dan dimeriahkan dengan berbagai macam stand bazar,"ujarnya.

Ditambahkan Dadan, masukan yang disampaikan oleh wakil walikota Bandung mengenai kegiatan yang berlangsung mudah mudahan bisa berlanjut kedepannya.

"Pak wakil ingin kegiatan seperti ini tidak hanya satu tahun sekali, lebih sering lebih baik. Maka dari itu kami akan berusaha sebisa mungkin agar kegiatan kebudayaan maupun perekonomian khususnya usaha kecil di kewilayah akan dikembangkan lebih baik,"pungkasnya.