PENCANANGAN BULAN DANA PMI KOTA BANDUNG TAHUN 2017

Monday, 04 Dec 2017
Oleh: miftah
Dibaca 66 kali
 | Sumber: Bagian Humas Setda Kota Bandung

Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini bukan hanya menyediakan darah ataupun kegiatan donor darah, namun PMI saat ini berfungsi semakin luas yaitu membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan terutama yang masuk dalam tugas kepalangmerahan.

Tugas itu meliputi, bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan dan pelayanan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada Upacara Pengibaran Bendera yang dirangkaikan dengan Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2017, di Balai Kota Bandung, Senin (4/12/2017).

Lanjutnya, dengan tugas yang semakin luas maka PMI terus berkolaborasi dan memberikan inovasi sebaik mungkin demi kesehatan maupun kesejahteraan masyarakat.

"PMI kota Bandung harus terus berinovasi agar kualitas pelayanan meningkatkan"tegasnya.

Ditambahkan Oded, mengenai bulan dana PMI di tahun 2016 terkumpul sekitar 1,4 miliar. Dana tersebut terkumpul dari masyarakat melalui sumbangan. Selain itu didapat juga dari tempat hiburan, hotel, restoran, pedagang pasar, pengusaha, sektor sekolah, PNS dsb.

"Dengan dana yang dikumpulkan tersebut membuktikan kepercayaan masyarakat kepada PMI kota Bandung. Hal itu tentu menjadi tanggung jawab PMI untuk menjawab kepercayaan dengan kinerja yang semakin profesional,"tegasnya.

Oded berpesan, dana yang terkumpul tersebut merupakan dana dari masyarakat, maka PMI kota yang juga harus transparan dan akuntabel dalam mengelola.

"Semakin transparan dan akuntabel, maka masyarakat akan semakin percaya kepada PMI kota Bandung. Diharapkan masyarakat juga bersedia memberikan dukungan yang lebih besar lagi,"ujar Oded.

Sementara itu menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI kota Bandung tahun 2017 Iming Akhmad menyampaikan, maksud dan tujuan diadakannya bulan dana PMI yaitu mensosialisasikan persan dan fungsi PMI kepasa masayarakt, kebersamaan saling tolong menolong sesama yang membutuhkan.

Ditambahkan Iming,  waktu pelaksanaan dimulai pada17 November sampai 17 Februari 2018. Jika target belum tercapai, maka akan ditambah lagi satu bulan.

Untuk target pengumpulan bulan dana PMI di tahun 2017 sebesar 1. 161.000.000

Menurutnya, target tidak mudah untuk di dapat, maka mohon dukungan dan peran aktif panitia agar dapat memenuhi target.

"Saya harap dukungan masyarakat dan panitia untuk mensukseskan bulan dana PMI 2017,"tutur Iming.

Ditambahkan Iming, untuk sarana pada kesempatan tersebut akan menjaring dan menghimpun dana dari tempat hiburan, hotel, pajak reklame, BUMN, BUMD, pasar, pelanggan listrik, telepon, air minum, pengusaha dan unsur Koperasi UKM.

Selain itu kepada murid di sekolah negeri atau swasta dari SD sampai SMA/SMK, PNS Se Kota Bandung. Untuk unsur kesehatan menjaring dana dari apotek, labolatorium dan rumah sakit.

Dirinya berharap dengan penjaringan dana yang luas tersebut, target yang diharapkan bisa tercapai.

"Insyaallah jika kita bersama sama maka target pun bisa tercapai,", pungkasnya.