5 KELURAHAN DI KOTA BANDUNG MENCAPAI 100 PERSEN KATEGORI ODF (OPEN DEFECTION FREE)

Thursday, 07 Dec 2017
Oleh: miftah
Dibaca 90 kali
 | Sumber: Bagian Humas Setda Kota Bandung

5 Kelurahan di kota Bandung mencapai 100 persen kategori ODF (Open Defection Free) atau Tidak Buang Air Besar Sembarangan. Kelima Kelurahan tersebut adalah Kelurahan Rancanumpang, Cihapit, Ciateul, Paledang dan Manjahlega.

Atas pencapaiannya, kelurahan tersebut diberikan piagam serta apresiasi langsung dari Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, di Padepokan Mayang Sunda, Rabu (6/12/2017).

ODF (Open Defection Free) merupakan wilayah yang 100 persen masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat yang tidak mencemari lingkungan.

Dalam kesempatannya, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, ada tiga komponen yang penting untuk dikelola, diantaranya persampahan, air limbah dan drainase. Hal tersebut harus dikelola agar seluruh wilayah di kota Bandung masuk dalam kategori ODF.

"Intinya sebagai manusia harus hidup sehat dan Peduli. Hal itu merupakan yang terpenting agar kita menjalani kehidupan sehari hari lebih baik,"tegasnya.

Ditambahkan Oded, Sanitasi Kota Bandung sampai saat ini terus meningkat. Dimana sejak tahun 2015 hanya satu kelurahan saja di Rancanumpang yang 100 persen ODF. Namun bersama sama meningkatkan keberhasilan maka di tahun ini sudah 5 kelurahan yang mencapai 100 persen.

Hal tersebut memberikan motivasi untuk kelurahan yang belum mencapai target agar lebih baik lagit dalam menjaga kebersihan.

"Oleh karena itu, selain membangun sarana dan prasarana sanitasi, yaitu terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat,",tegas Oded.

Dirinya menargetkan, untuk tahun 2019 akses sanitasi di kota Bandung harus 100%.

"Target harus tercapai, pergunakan seluruh potensi yang ada di kewilayah baik penganggaran maupun sumber daya masyarakatnya," tutur Oded.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menyampaikan, Gebyar sanitasi 2017 yang mengusung tema "Lebih bersih lebih baik" tersebut mengajak kepada seluruh masyarakat, aparat kewilayah maupun unsur SKPD agar merubah perilaku sanitasi secara sistem pemicuan.

Lanjutnya, yang dimaksud dengan sistem pemicuan adalah tata cara atau tips agar lingkungan menjadi bersih.

Terdapat lima pilar agar sanitasi hadir di lingkungan, diantaranya  tidak buang air besar di sembarang tempat, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, mengolah minum dan makanan yang aman, mengolah sampah dengan baik dan mengolah air limbah rumah tangga yang aman.

"Alhamdulillah dengan melakukan cara tersebut, di kota Bandung untuk tahun 2017 sudah ada lima kelurahan yang udah mencapai ODF. Jadi hal ini betul betul masyarakat 100 persen membuang air besar di jamban sehat yang pembuangan air nya bukan mencemari lingkungan."tutur Rita.

Dirinya yakin, jika di kewilayahan bisa mencapai odf dengan lima pilar tersebut.

"Salah satu upaya untuk menjadikan wilayah 100 ODF yaitu dengan sosialisasi dan memberikan edukasi di setiap wilayah. Seluruh kecamatan, kelompok kerja, lintas sektor, pelatihan wirausaha. Unsur tersebut terus di edukasi agar lingkungan menjadi lebih bersih,"pungkasnya.