JELANG IDULFITRI DAN PILKADA SERENTAK, SOLIHIN ALL OUT JAGA KOTA BANDUNG

Thursday, 07 Jun 2018
Oleh: miftah
Dibaca 67 kali
 | Sumber: Bagian Humas Setda Kota Bandung

Jelang Hari Raya Idulfitri 1439 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bertekad  mempertahankan situasi kondusif keamanan dan ketertiban.. Kota Bandung harus tetap aman dan tertib menjelang, selama, dan setelah hari pencoblosan pada 27 Juni mendatang.

"Kita tidak boleh lengah karena  masih ada orang yang tidak suka melihat Bandung kondusif. Oleh karenanya kita harus bisa menjaga terus keamanan dan ketertiban Kota Bandung," tegas Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin pada Acara Diskusi Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) 2018 di Hotel Tebu Jalan Martadinata 207 Kota Bandung, Kamis (7/6/2018).

Solihin mengungkapkan, Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah dan Pilkada Serentak 2018 sangat berdekatan. Oleh karena, Pemkot Bandung berusaha mengantisipasi sejumlah hal yang bisa menimbulkan keresahan. Mulai dari kenaikan harga daging ayam, masalah transportasi mudik, hingga soal pendatang baru.

“Kita sudah berhasil menstabilkan harga daging ayam hingga Rp33.000,- per kilogram. Harga-harga lain juga bisa ditekan berkat bantuan Bank Indonesia dengan Bazar Ramadan di Kiaracondong dan Operasi Pasar bantuan Pihak Pemerintah Provinsi," ujar Solihin.

Sedangkan berkaitan dengan mudik, Solihin memastikan Pemkot Bandung telah menyiagakan para petugas kesehatan di sejumlah titik seperti terminal, stasiun, dan bandara. Selain itu, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) juga telah bersiaga melayani warga 24 jam.

"Berdasakan pengalaman dari tahun- tahun sebelumnya, penyebab  kecelakaan terjadi karena kelalaian pemudik dalam  menjaga  kesehatan dan staminanya. Sehingga Tahun ini kita akan lebih siap dan preventif siaga untuk masyarakat dengan membuka pelayanan kesehatan dari H -7  hingga H +7 Lebaran ," tegas pria yang selalu ramah bertutur ini.

Solihin juga mengingatkan  pada aparatur Kewilayahan pada tingkat RT agar mau terus mengingatkan warganya untuk selalu waspada dan tidak teledor bila meninggalkan rumahnya untuk Mudik.

"Ingat dalam 1 bulan terakhir terjadi 5 kebakaran di Kota Bandung. Tolong aparat kecamatan berkoordinasi dengan RT dan RW  mendata yang mudik," pintanya.

Berkenaan dengan Pilkada Serentak, Solihin telah berkoordinasi  dengan seluruh pihak. Mulai dari RT, RW, hingga kecamatan. Semua telah sepakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

Termasuk, katanya, mengantisipasi hadirnya pendatang dari luar kota. Salah satunya berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru.

"Sudah disiapkan untuk mendata pendatang. Disdukcapil (Dinas kependudukan dan Catatan Sipil) Kota Bandung harus mendata sebaik mungkin dan juga memberikan pelayanan terbaik pada pendatang," jelasnya.

"Tidak terasa  Pilkada Serentak  akan segera tiba. Apalagi dengan cuti bersama yang cukup panjang kita akan mulai libur tanggal 8 Juni  dan masuk lagi pada 21 Juni. Setelah itu, 6  hari kemudian kita akan sudah mulai memilih pimpinan daerah kita yang baru," ujar Solihin.