Nenek Edoh: Terima Kasih Pemerintah

Friday, 10 Aug 2018
Oleh: Zalfa
Dibaca 33 kali
 | Sumber: Bagian Humas Setda Kota Bandung

Rona bahagia terlihat dari wajah Mak Edoh saat menuturkan kondisi rumahnya saat ini, Jumat (10/8/2018). "Bangga dan senang. Sekarang rumah saya jadi lebih nyaman. Terima kasih atas bantuan yang diberikan," ungkapnya.

Mak Edoh tinggal di RT 04/RW 06 Kelurahan Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Wanita berusia 73 tahun ini, tercatat sebagai warga prasejahtera. Rumah yang ditempatinya, masuk kategori tilak layak huni.

Namun itu dulu. Sekitar 2,5 bulan lalu, rumah Mak Edoh diperbaiki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama warga setempat. Saat ini, rumah yang ditempati Mak Edoh dengan dua anaknya itu, sudah nyaman dan layak huni.

Bagi Mak Edoh, meskipun rumahnya tidaklah besar, tapi dirinya bahagia karena saat ini kondisinya sudah rapi dan kuat. "Terima kasih," ujarnya lagi.

Selain bahagia karena rumahnya menjadi lebih baik, Mak Edoh juga bahagia karena Jumat pagi tadi, ia dikunjungi oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. Pria yang akrab disapa Mang Oded ini, tak hanya berkunjung tapi juga menyempatkan diri sarapan.

Mang Oded yang sebelumnya memberikan pengarahan tentang Gerakan Pungut Sampah di halaman Masjid Ar Roja Kelurahan Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, menyampaikan pesan kepada Mak Edoh, supaya selalu mensyukuri rezeki yang diberikan oleh Allah.

Mang Oded juga sangat mengapresiasi kinerja aparat kewilayahan yang telah bergotong royong membangun lingkungannya, termasuk memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni menjadi layak huni.

"Kota yang didalamnya dihuni oleh warga masyarakat yang cinta lingkungan dan kebersihan ini diyakini akan menghasilkan lingkungan yang nyaman," katanya.

Mang Oded yakin, dengan arahan lurah, camat, dan Muspika serta partisipasi warga, membangun lingkungan yang nyaman bukan hal yang sulit. Perbaikan rumah Mak Edoh merupakan contoh gotong royong yang baik untuk pembangunan lingkungan.

Demi keberhasilan lingkungan yang lebih baik, Mang Oded menyarankan supaya setiap RW mendirikan bank sampah. Hadirnya bank sampah mampu membersihkan lingkungan sekaligus menambah ekonomi masyarakat.

"Apabila setiap RW mempunyai bank sampah, maka sekelurahan Ciroyom yang mempunyai 10 RW, hasilnya akan cukup baik. Asalkan kita rajin dan tekun melaksanakannya," tuturnya.

Selain itu, Mang Oded juga menyarankan supaya setiap RW membuat biodigester untuk mengelola kebersihan.


Sumber : Humas kota bandung