IndoHub, Pengembangan BandungHub yang Akan Direplikasi Daerah Lain

Saturday, 08 Sep 2018
Oleh: Zalfa
Dibaca 141 kali
 | Sumber: Bagian Humas Setda kota Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung terus mengembangkan aplikasi BandungHub yang diluncurkan pada bulan Juni lalu. Hasil pengembangan tersebut, lahirlah aplikasi yang lebih canggih yang dinamakan IndoHub.

Aplikasi IndoHub hari ini, jumat (7/9/2018), dilaunching oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, di Hotel Aryaduta, Bandung. “Aplikasi yang terus kita kembangkan ini merupakan bagian dari upaya-upaya inovasi Kota Bandung. Alhamdulillah kita mengajak kota/kabupaten lain untuk bersama-sama berkolaborasi untuk kegiatan inovasi ini," tuturnya.

Diubahnya nama BandungHub menjadi IndoHub karena konten aplikasinya menjadi lebih canggih dan nantinya akan direplikasi di kota-kota lain di Indonesia. Oded sangat mendukung IndoHub yang merupakan hasil pengembangan dari BandungHub, akan digunakan oleh kota-kota lain di Indonesia.

"Ini bagian dari pronsip kolaborasi yang dijunjung Kota Bandung," kata Oded saat launching.

Sementara itu Kepala Dishub Kota Bandung, Didi Riswandi mengungkapkan, perubahan nama BandungHub menjadi IndoHub dibarengi dengan pengembangan konten aplikasi. Selain terhubung dengan kamera CCTV Area Traffic Control System (ATCS) Kota Bandung, IndoHub kini juga terkoneksi dengan sistem tanggap darurat Kota Bandung.

“Ada koneksi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB),” ucap Didi.

Dengan aplikasi ini, warga dapat mengakses layanan Layad Rawat yang dikelola oleh Dinkes dan juga bisa menghubungi layanan di Diskar PB Kota Bandung. “Kalau kemarin baru CCTV-nya, sekarang sudah ada konten lain seperti antar jemput, untuk bersepeda sudah ada, dan beberapa yang lain,” katanya.

Karena instansi lintas sektor memanfaatkan aplikasi ini, maka IndoHub akan langsung berada di bawah pengelolaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung. Berbagai layanan di lintas dinas dapat menggunakan platform ini untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menyampaikan bahwa IndoHub akan menjadi portal informasi publik bagi warga Kota Bandung. Aplikasi ini juga akan menyampaikan berbagai informasi publik.

“Publik bisa mengakses semua jenis layanan atau informasi. Bisa tentang harga, kegiatan, open data, dan informasi-informasi yang sudah kita miliki. Termasuk Layad Rawat dan call center,” jelas Ahyani.

Menurut Ahyani, Diskominfo akan mengatur agar berbagai informasi tersebut dapat dengan nyaman dan mudah dinikmati oleh masyarakat. “Lebih mudah, masyarakat cuma tinggal milih menu menu, tidak membebani untuk mengunduh banyak aplikasi,” katanya.